Home » , » Pear, apel merah atau apel lokal

Pear, apel merah atau apel lokal

Written By Unknown on Rabu, 09 Mei 2012 | 09.33


Buah sekarang ini yang di jual di pasaran kebanyakan buah impor, padahal negara Indonesia adalah negara agraris yang merupakan penghasil buah tentunya. kalau di pikir lucu juga bukan, masak jeruk makan jeruk. Tapi ini nyata bin ajaib, kalo cuman satu dua buah tertentu yang memang di Indonesia tidak ada sich tidak masalah, tapi di Indonesia sendiri buaaaaaaanyak mpe di buang-buang tapi buah impor tetap saja ada dan perkembangan pasarnya terus berkembang, meskipun terlihat kelas-kelas tersendiri bagi masing-masing jenis buah. Dan terlihat juga bahwa harga buah impor lebih mahal daripada buah lokal padahal buah yang kualitas ekspor tentusaja banyak juga bukan. notabene, kemana buah Indonesia yang kualitas ekspor???.. apakah di ekspor semua sehingga tidak ada yang tersisa untuk di jual di dalam negeri atau kalau di jual keluar negeri harganya jauh lebih mahal tapi kita di negeri sendiri tetap mengimport buah dari luar negeri???....
nah di sini terlihat bahwa adanya ketidakseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan atau gampangnya aliran jual beli buah antar negara. di jual ke luar negeri lebih untung daripada menjual di dalam negeri kemudian, kita mendatangkan buah yang lebih mahal dari luar negeri???.... terasa ganjil :D
tapi itu semua hanya sekilas info atau intermezzo saja yach, topik yang mau saya bahas sebenarnya adalah menentukan pilihan dalam membeli buah pear, apel merah atau apel lokal??...
kita tilik satu persatu, yang pertama buah apel :
  1. Kaya Vitamin, Buah apel kaya akan kandungan vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C
  2. Kaya Mineral, Buah apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
  3. Fitokimia, Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
  4. Kaya Serat, Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat. Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
  5. Tanin, Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.
  6. Baron, Di dalam buah apel terdapat baron. Apakah baron itu? Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita. Kandungan baron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon dikala menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, osteoporosis.
  7. Flavoid, Salah satu kandungan buah apel yang baik untuk menjegah penyakit adalah flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker. Zat flavonid dalam apel terbukti dapat menurunkan resiko kanker paru – paru sampai 50 %. Penelitian dari Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43%.
  8. Quercetin, Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Buah apel mengandung zat quercetin.
  9. Asam Tartar, Di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartar. Asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.
Bagaimana dengan buah pear??
kandungan gizi buah pear juga gk kalah banyak dengan buah apel, diantaranya :
  1. Energi 242 kJ (58 kcal)
  2. Karbohidrat 15,46 g
  3. Gula 9,80 g
  4. Diet serat 3.1 g
  5. Lemak 0 g
  6. Protein 0,38 g
  7. Thiamine (Vit. B1) 0,012 mg (1%)
  8. Riboflavin (Vit. B2) 0,025 mg (2%)
  9. Niacin (Vit. B3) 0,157 mg (1%)
  10. Asam pantotenat (B5) 0,048 mg (1%)
  11. Vitamin B6 0,028 mg (2%)
  12. Folat (B9 Vit.) 7 mg (2%)
  13. Vitamin C 4.2 mg (7%)
  14. Kalsium 9 mg (1%)
  15. Besi 0,17 mg (1%)
  16. Magnesium 7 mg (2%)
  17. Fosfor 11 mg (2%)
  18. Kalium 119 mg (3%)
  19. Seng 0,10 mg (1%)
Tuch, banyak juga kan..
ceritanya ini tadi saya mau beli buah, pas ngeliatin buah pear jadi pengen beli dech... pas di liatin lagi, kog buahnya yang di pajang pada busuk semua :( akhirnya tanya buah apel. buah apel merah yang impor harganya 25 ribu kalo yang lokal 17rb, kalo gitu ya mending yang murah meriah aja dech, biar murah asal khasiatnya juga gak kalah :D , alasan lainnya juga karena kantong lagi tipis juga :P
salam..
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : http://travel-pangkalanbun.blogspot.com/
Copyright © 2013. Tour and Travel Palangkaraya Pangkalan Bun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger