Home » , » Tanaman Khat penghasil katinon atau Chatynone

Tanaman Khat penghasil katinon atau Chatynone

Written By Unknown on Jumat, 08 Februari 2013 | 21.57

 Tanaman Khat penghasil katinon atau chatynone

Tanaman khat yang baru-baru ini mulai terkenal karena adanya kasus Raffi Ahmad yang tertangkap karena menggunakan tanaman ini untuk narkoba. Kandungan dari tanaman khat adalah Khatinon yang merupakan narkoba golongan I  dan dimasukkan dalam daftar tanaman narkoba berdasarkan Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009. Asal tanaman ini berasal dari afrika dan dari daerah arab. Sosialisasi tentang penanaman tanaman khat juga dilakukan. Bagi yang menanam tanaman khat maka akan dikenakan hukuman pidana sesuai dengan UU narkotika .  hal ini perlu dilakukan mengingat banyak warga yang tidak mengetahui hal ini terutama di daerah cisarua jawa barat yang merupakan sentra penyebaran tanaman khat ini. Total lahan yang ditemukan oleh BNN didaerah cisarua dan sekitar totalnya adalah mencapai 3 kilometer persegi. Bahkan banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari bertanam tanaman khat ini karena informasi yang di dapat tanaman ini merupakan tanaman obat untuk diabetes. Dengan luas lahan sekitar 300 meter persegi saja bisa mendapatkan penghasilan sekitar 3-4 juta sekali panen, sedangkan panennya perbulan bisa mencapai 5 kali perbulan.

Tanaman Khat yang merupakan tanaman perdu penghasil zat adiktif Cathynone , tanaman yang berasal dari daerah Afrika (Djobouti, Somalia, Ethiophia, Yaman, Mesir) dan semenanjung Arab ini sangat dikenal di masyarakat pencinta teh arab atau rokok arab. Cara penanamannya pun tergolong mudah. Tanaman ini mempunyai nama latin Chata Edulis. Tanaman ini mudah pembiakannya karena yag diperlukan hanya penyiraman yang cukup atau curah hujan yang relative banyak maka pertumbuhannya akan maksimal. Ketinggian tanaman ini bisa mencapai 3 meter tetapi ada juga yang bisa mencapai 5 meter tetapi dengan umur diatas 7 tahun. Ukuran daun dari tanaman ini antara 1 sampai 4 centimeter, sedangkan bunganya berukuran 4 sampai dengan 8 centimeter, memiliki kelopak berwarna putih dan terdapat bijinya.

TANAMAN KHAT PENGHASIL KATINON ATAU CHATYNONE
Tanaman Khat mengandung Monoamina Alkaloid. Katinona sintetik juga sering digunakan sebagai bahan utama yang digunakan sebagai campuran dalam mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Penggunaan katinona yang berlebihan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, gelisah, lekas marah, insomnia, halusinasi dan serangan panik. Pelaku kronis beresiko terkena gangguan kepribadian dan menderita infark miokard (penyumbatan pembuluh diotak yang meyebabkan berkurangnya pasokan oksigen).

Tanaman khat ada 3 jenis yaitu khat mrah, khat merah sedang dan khat hijau.

Daerah penghasil tanaman khat yang sudah ditemukan BNN adalah di daerah Dusun Munggangsari, Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Sedangkan di daerah jawa barat Kampung Pasir Tugu Selatan, Cisarua, Puncak, Bogor, Kampung Joglo Selatan, Kampung Joglo Utara, Cibereum, dan beberapa lokasi di Cisarua. semuanya sudah dilakukan pembersihan dan sosialisasi.


sumber:
http://muda.kompasiana.com/2013/01/30/mengenal-tanaman-khat-penghasil-zat-chatinone-529371.html
http://www.tribunnews.com/2013/02/05/warga-puncak-tahu-tanaman-khat-haram-dari-kasus-raffi
http://news.liputan6.com/read/504798/tanaman-khat-narkoba-pemda-bogor-gelar-rapat
http://www.metrotvnews.com/foto/detail/2013/02/06/6/873/Musnahkan-Tanaman-Khat
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : http://travel-pangkalanbun.blogspot.com/
Copyright © 2013. Tour and Travel Palangkaraya Pangkalan Bun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger