Home » , , , , , , , » Tentang Kota Sampit

Tentang Kota Sampit

Written By Unknown on Senin, 21 Januari 2013 | 18.42


Kota Sampit

Sampit merupakan ibukota kabupaten kotawaringin timur. Dulu kota sampit merupakan pelabuhan kayu terbesar seIndonesia karena daerah kotawaringin timur merupakan daerah penghasil kayu hutan. Sampit merupakan daerah perkebunan, kebanyakan pendapatan masyarakat berasal dari perkebunan sawit. Yang sebelumnya daerah ini merupakan penghasil kayu hutan dan kayu sudah mulai langka, masyarakat dan perusahaan mulai beralih ke perkebunan sawit.  Kondisi geografis yang merupakan dataran rendah di kota sampit sehingga sangat mendukung untuk perkebunan di daerah ini.selain perkebunan sawit pendapatan daerah ini juga berasal dari hasil ikan, perkebunan karet serta tambang batubara. Populasi masyarakat sampit untuk saat ini sekitar 80.000an orang.

di Kota Sampit sendiri memiliki pelabuhan laut yang mempermudah distribusi barang-barang dari pulau jawa sehingga mmungkinkan untuk pengiriman barang dari pulau jawa ke kalimantan melalui kota sampit. 
Untuk daerah bagian utara dari kota sampit yang menuju arah kota pangkalanbun mulai memasuki darah perkebunan sawit. Daerah ini dulunya daerah gambut dan sekarang di sulap menjadi daerah perkebunan sawit yang terbentang luas.

Di Kota sampit juga terdapat bandara yaitu bandara Haji Asan. Lokasi bandara H. Asan berada di pinggir kota, apabila kita  dari arah palangkaraya dan mau memasuki kota sampit nantinya akan terlihat pertigaan yang mengarah ke bandara. Jalan arah bandara juga nantinya akan tembus ke pusat kota sampit hanya saja menyusuri pinggiran sungai mentaya dan kemudian sampai di pasar atau taman kota. Penerbangan yang ada saat ini di kota sampit diantaranya Kalstar air, penerbangan menuju Banjarmasin, Ketapang, Pangkalan Bun dan Pontianak, seddangkan Merpati Nusantara Airlines ke Jakarta dan Surabaya. Penerbangan di sampit hasil kerjasama pemda dan perusahaan penerbangan sehingga terkadang ada subsidi dari pemerintah untuk penerbangan murah pada saat Hari raya. 

Kota sampit mempunyai sungai besar yaitu sungai mentaya yang biasa digunakan untuk angkutan.  Sungai mentaya merupakan sungai kebanggan masyarakat sampit karena  luas dan panjangnya sungai mentaya, sehingga saampit bisa di sebut dengan sebutan kota mentaya.

TENTANG WISATA KOTA SAMPIT

Tempat wisata di daerah kota sampit adalah pantai pandaran yang lokasinya berada di muara sungai mentaya. Jarak yang harus di tempuh dari sampit ke pantai pandaran sekitar 200km dengan waktu tempuh sekitar 7 jam karena jalannya yang belum di aspal. Tempat wisata yang lain adalah adanya taman anggrek di daerah pambuang hulu yang merupakan ujung dari kota sampit. Waktu tempuh dari sampit ke pembuang hulu sekitar 3 jam perjalanan baik melalui angkutan darat atau angkutan sungai.

sayang video saya ke sampit hilang, padahal mau saya share juga di sini :D di posting saya berikutnya saya kalau gitu yach :)
tapi berikut ada video dari youtube yang sedikit menggambarkan tentang kota sampit :


Itulah sekilas tentang kota sampit, ouwh iya kota sampit berbeda dengan seruyan. kota seruyan merupakan salah satu  kota yang lumayan terkenal juga di kabupaten kotawaringin timur. nanti-nanti akan saya bahas juga mengenai kota seruyan

sumber: dari wiki dan youtube
Salam dumay (^_^)

Share this article :

2 komentar:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada PAK MANDALA atas bantuannya saya bisa menang togel, saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsan karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia. kerja sebagai TKI dan tidak ada ongkos pulang, mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak ya PAK… dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan PAK MANDALA. kepada saudara yang ingin merubah nasibnya seperti saya silahkan Hub 0823"4898"5714 PAK MANDALA. Demikian kisah nyata dari saya dan ini tanpa rekayasa. INGAT. kesempatan tidak akan pernah datang Yang ke.(2).kalinya…!




































    BalasHapus
  2. BUAT TEMEN TEMEN YANG DOYAN TOURING DAN TRAVELER.... AGAR KONDISI MESIN KENDARAAN DAPAT TERJAGA DENGAN MAKSIMAL, pembakaran dapat disempurnakan dengan additif bahan bakar, yaitu NORIVAL energy fuel enhencer. tidak hanya meningkatkan nilai oktan dan cetane pada premium ataupun solar, tetapi juga meningkatkan kalor bakar pada premium dan memperkecil suhu bakar dan partikel pada solar sehingga lebih mudah terbakar dengan sempurna. terbuat dari minyak asiri murni kualitas terbaik dari alam indonesia (bukan kimia berbahaya yang mudah meledak)HEMAT bahan bakar,BERTENAGA, Mengurangi getaran mesin. reseller Norival Lamandau-EKO-082134398993-www.mynorival.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : http://travel-pangkalanbun.blogspot.com/
Copyright © 2013. Tour and Travel Palangkaraya Pangkalan Bun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger